Pelajari Ajaran Maha Tripitaka

Oleh: YM Bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira

Para Bodhisattva saat mau babarkan Dharma mereka mengundang Buddha untuk hadir, menyaksikan dan setuju membenar Dharma yang dibabarkan para Bodhisattva. Buktinya lihatlah sejarah dan isi sutra sutra.

Buddhadharma yang terangkum dalam Maha Tripitaka begitu banyak, luas dan dalam; Ada sebanyak 84,000 metode untuk menyembuhkan berbagai penyakit semua makhluk; Tentu pelajaran yang begitu banyak sulit untuk dipelajari, diketahui dan dipraktikkan; Untuk itu, pilihlah ajaran Buddhadharma yang terbaik dan efektif sesuai kondisi, kemampuan dan karma jodoh kita.

Ingatlah Kita sebagai siswa atau umat Buddha harusnya tertuju kepada ajaran Buddhadharma yang terangkun di dalam Maha Tripitaka, jangan lagi tertarik atau tergoda dengan ajaran klenik penuh mistik ciptaan orang khayal pada era kemerosotan Dharma.

Ciptakan Dharma hasil karya dan pengalaman diri sendiri yang tidak disaksikan dan dibenarkan oleh Buddha, pasti cenderung ngawur, menyimpang dan diragukan kebenaran, bila dipraktikkan sudah pasti tidak bermanfaat bahkan dikhawatirkan kelak menjadi sesat atau bingung.

Ketika kita tidak bisa hidup sesuai Buddhadharma untuk menolong orang lain, janganlah kita ciptakan dharma klenik hasil khayalan diri untuk membohongi orang lain.

Amituofo.