Pikiran Kita

Dunia Kita.
Di dalam tubuh yang panjangnya satu depa ini dengan pikiran dan berbagai persepsinya, Saya (Buddha) menyatakan adanya dunia, asal mula dunia, pengakhiran dunia, dan jalan yang membawa pengakhiran dunia.

Perumpamaan Pikiran.
Pikiran seperti angin bertiup, yang tak dapat ditangkap oleh siapapun. Ia seperti air mengalir, muncul dan lenyap secara berkesinambungan. Ia seperti api dari lampu, yang disebabkan oleh beragam faktor. Ia seperti halilintar, karena ia lenyap dari momen ke momen. Ia seperti udara, yang terpolusi oleh debu objek luar. Ia seperti monyet, karena ia melekat pada enam nafsu inderawi secara bergantian. Ia seperti pelukis, karena mampu menciptakan sebab-musabab dan kondisi-kondisi karma yang banyak. (Ratnakuta Sutra)

Pikiran Paling Dahsyat di Alam Semesta.
Buddha menyatakan bahwa faktor utama dan kekuatan paling dahsyat di alam semesta adalah pikiran. Para ilmuwan dewasa ini tengah melihat Kebenaran ini-menyadari bahwa pikiran seseorang mampu menciptakan realita menurut apa yang dicerap. Energi pikiran belum dimengerti sepenuhnya oleh ilmu pengetahuan, namun Buddha telah mengajarkan kepada kita dengan sangat rinci tentang dinamika pikiran. Penguasaan pikiran adalah hal terpenting karena ini merupakan kunci menuju kebebasan dan Kebahagiaan Sejati.

Salam kasih, Semoga semua makhluk berbahagia. Amituofo.